Beranda | Artikel
Membaca Surah Al-Ikhlas Sebelum Tidur
Rabu, 20 Juli 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Zaen

Membaca Surah Al-Ikhlas Sebelum Tidur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 18 Dzulhijjah 1443 H / 18 Juli 2022 M.

Kajian Tentang Membaca Surah Al-Ikhlas Sebelum Tidur

Pada kajian kali ini kita akan membahas surah pendek yang maknanya sangat agung. Surah ini juga dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur. Surah tersebut adalah surah Al-Ikhlas.

Dalil Landasan

Aisyah Radhiyallahu ‘Anha menyampaikan dalam sebuah hadits:

“أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا “قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ” وَ “قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ” وَ “قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ” ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ، يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ”.

“Setiap malam jika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam saat akan tidur, beliau menggabungkan kedua telapak tangannya. Kemudian meniupkan nafas dari mulutnya dengan sedikit air ludah. Lalu membaca, “Qul huwallahu ahad” (Surah Al-Ikhlas), “Qul a’ûdzubirabbil falaq” (Surah Al-Falaq) dan “Qul a’udzubirabbin nas” (Surah an-Nas). Kemudian mengusapkan kedua tangannya semampunya (yang bisa dijangkau) ke seluruh bagian tubuh. Dimulai dari kepala, wajah dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukan hal itu tiga kali”. (HR. Bukhari)

Keuntungan membaca doa yang seperti ini adalah dia akan dilindungi dari mara bahaya apapun, bisa itu hewan berbisa maupun gangguan setan. Juga menghindarkan dia dari mimpi buruk.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sangat menjaga wirid ini. Bahkan dalam suatu riwayat Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu menceritakan, “Saat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sakit, beliau menyuruhku untuk membacakan wirid tersebut atas beliau”. (HR. Bukhari)

Renungan Kandungan

Surah yang mulia ini memiliki keistimewaan spesial yang tidak dimiliki surah Al-Qur’an lainnya. Di antaranya: surah ini sepadan dengan sepertiga Al-Qur’an. Sebab kandungannya sebanding dengan sepertiga kandungan Al-Qur’an. Secara garis besar, isi Al-Qur’an terbagi menjadi tiga bahasan pokok; akidah, hukum dan kisah. Sedang surah Al-Ikhlas berisikan bagian pertama; yaitu tauhid. Sehingga barang siapa membaca surah Al-Ikhlas, maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang membaca sepertiga Al-Qur’an.

Di awal surah ini Allah Ta’ala menegaskan keesaanNya. Keesaan Allah ini bersifat mutlak, dalam segala-galanya. Allah Maha Esa dzatNya. Allah Maha Esa dalam keberhakanNya atas ibadah para hamba. Allah Maha Esa dalam perbuatan ketuhananNya. Serta Allah Maha Esa dalam nama-nama dan sifat-sifatNya.

Selanjutnya kita diingatkan akan kesempurnaan Allah. Sehingga mau tidak mau seluruh penghuni langit dan bumi, tanpa terkecuali, sangat membutuhkanNya. Mereka semua meminta padaNya dalam setiap kebutuhan dan memohon padaNya dalam setiap kepentingan.

Lalu Allah menjelaskan bahwa diriNya berbeda dengan tuhan-tuhan kaum musyrikin. Dia tidak melahirkan anak. Sebab Dia tidak membutuhkan selainNya. Bukan pula merupakan anak dari dzat lain. Sebab jika demikian, maka Dia tidak menjadi yang pertama.

Adapun ayat terakhir merupakan rangkuman dan penegasan bahwa pemilik sifat-sifat tersebut di ayat-ayat sebelumnya adalah Dzat yang tidak ada bandingannya sama sekali. Tidak ada apapun yang serupa, apalagi sama dengan Allah dalam segala sesuatu. Baik dalam dzatNya, sifatNya, perbuatanNya maupun keberhakkanNya akan ibadah para hamba.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian Membaca Surah Al-Ikhlas Sebelum Tidur


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51929-membaca-surah-al-ikhlas-sebelum-tidur/